Senin, 13 April 2015

Microscribe 3D, Alat Untuk Menciptakan Model 3D Dari Benda Nyata

Microscribe 3D adalah sebuah alat yang hubungkan dengan komputer untuk menciptakan model dari sebuah benda nyata. Alat ini dipadukan dengan software Rhino yang akan menerjemahkan gerakan pena Micro menjadi gambar di layar komputer.

Untuk keperluan analisis, benda nyata harus diubah menjadi model dalam komputer, setelah itu baru analisis dapat kita lakukan. Seperti mengetahui kekuatan dan optimasi desain.

Dalam dunia penelitian elemen hingga, menciptakan model adalah hal pertama dan terberat yang harus dilewati oleh peneliti. Menggambarkan sebuah model secara manual dengan bantuan SolidWorks dan Catia tentu sangat berat karena software-software desain tersebut membutuhkan parameter yang pasti. Oleh karena itu, penyederhanaan terhadap bentuk asli harus dilakukan.

Jika menggunakan Microscribe 3D, bentuk-bentuk benda nyata yang rumit dapat dengan mudah digambarkan di komputer. Hanya dengan menggerakkan pena di atas permukaan benda, maka model dengan cepat dapat tercipta.

Tentu bagi seorang peneliti berbasis elemen hingga alat-alat semacam ini adalah wajib disediakan di lab desain. Komputer dengan kekuatan tinggi juga harus tersedia untuk keperluan running analisis yang bisa sampai berjam-jam atau bahkan berhari-hari.
Microscribe 3D yang ada di lab CAE NKUAS

Salah satu tutorial Microscribe 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar