Kamis, 09 April 2015

Cara Membuka Input File Abaqus

Terkadang kita membutuhkan input file dari model yang telah kita buat di Abaqus CAE. Abaqus secara otomatis akan membuat input file di Work Directory dari apa yang kita buat di Abaqus CAE. Namun kalau belum ada di Work Directory kita bisa membuatnya dengan cara klik Job dan pilih Write Input, maka file input (.inp) akan tersimpan di Work Directory.

Untuk membuka file ini jangan gunakan notepad bawaan windows, hasilnya akan berserakan kemana-mana. Tapi gunakan Notepad++ yang bisa diunduh secara gratis di http://notepad-plus-plus.org/.

Membuka input file dibutuhkan ketika kita ingin melengkapi model dengan sesuatu yang tidak didukung oleh CAE. Seperti diketahui, bahwa Abaqus CAE tidak menyediakan semua yang kita perlukan dalam simulasi. Misalnya untuk elemen pegas nonlinear kita tidak bisa membuatnya di Abaqus CAE melainkan harus menggunakan input file. Nah, untuk hal demikianlah kita harus membuka input file dari model yang telah kita buat, kemudian melengkapi apa yang tidak bisa kita buat di CAE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar