Minggu, 26 April 2015

Kekeliruan Input Satuan Sudut Dalam Abaqus

Kekeliruan terjadi lagi. Padahal saya sudah mewanti-wanti diri saya sendiri untuk tidak melakukan kekeliruan dalam menginput satuan nilai dalam software Abaqus.

Kali ini keteledoran saya terjadi ketika memasukkan nilai kekakuan pegas (spring stifness) rotasi. Nilai kekakuan pegas rotasi yang saya dapat dari paper adalah 0.3 Nm/degree. Saya tidak lupa mengubah meter menjadi milimeter sehingga nilainya menjadi 300 Nmm/degree. Kemudian nilai itu saya masukkan ke Abaqus.

Setelah selesai running baru sadar ternyata Abaqus membaca input sudut dalam satuan radian, bukan derajat. Sehingga nilai kekakuan pegas seharusnya dalam satuan Nmm/radian. Jadi, nilai yang harus saya masukkan adalah 17188.73 Nmm/rad, bukan 300 Nmm/degree.

Bayangkan, kesalahan satuan bisa merusak segalanya. Sangat jauh selisih antara nilai 300 dengan 17188.73 bukan ?. Maka waspadalah. Cukup kali ini saja saya mengalami yang demikian. Padahal melakukan simulasi ulang membutuhkan waktu berjam-jam lagi. Tambahan lagi, seharusnya hasil yang sudah diperoleh dari simulasi tersebut sudah bisa di-paper-kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar