Rabu, 08 April 2015

Mengubah Grafik Menjadi Tabel Dengan WebPlotDigitizer

Sangat sering kita jumpai dalam jurnal-jurnal ilmiah data hasil penelitian disajikan dalam bentuk kurva atau grafik. Padahal untuk keperluan input simulasi kita butuh dalam bentuk angka (numerical value).

Sebenarnya grafik yang ada dalam jurnal ilmiah sebagian besar berasal dari tabel (numeris) yang kemudian dirubah menjadi grafik agar mudah dipahami oleh pembaca. Sedangkan kita peneliti berbasis elemen hingga perlu mengubah grafik itu menjadi tabel lagi.

Secara konvensional sebenarnya sangat mudah untuk mengubah grafik menjadi tabel. Hanya berbekal penggaris saja sudah cukup. Namun cara demikian membutuhkan waktu yang lama dan kurang akurat.

Dalam bahasa Inggris, mengubah atau mengekstrak grafik menjadi nilai disebut dengan "plot digitizer". Ada sebuah software yang sangat mudah digunakan dan mumpuni untuk mengemban tugas tersebut. Nama sofware itu adalah WebPlotDigitizer yang secara gratis dapat digunakan baik online maupun offline. Untuk penggunaan offline (tanpa koneksi internet) software ini bisa diunduh.

Untuk menggunakannnya atau mengunduh silakan mengunjungi website resminnya di http://arohatgi.info/WebPlotDigitizer/.  Software ini dalam bentuk portable, sehingga tidak perlu diinstal ke komputer. Diklik saja dua kali software langsung berjalan.

Di website tersebut mereka juga menyediakan video tutorial agar kita tahu bagaimana menggunakannya. Saya hari ini menggunakannya. Silakan dipakai mumpung masih gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar