Kamis, 02 April 2015

Tip Membangun Sebuah Model Di Software Elemen Hingga

Ketika melihat model elemen hingga yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, terkadang terlihat sangat mudah dan sangat sederhana. Namun kenyataannya tidak, saya sendiri sering terjebak dengan menganggap mudah model yang dibuat peneliti lain, karena memang jika dilihat sekilas bentuknya sangat sederhana.

Saya baru sadar kalau membuat sebuah model elemen hingga tidaklah mudah ketika sudah mulai membuatnya sendiri. Ternyata bentuk luarnya saja yang sederhana, namun di dalamnya sangat ruwet dan sarang error walaupun akhirnya mereka sukses menjalani simulasi dengan hasil yang valid.

Pengalaman saya, untuk membangun sebuah model dengan software elemen hingga, Abaqus misalnya, sebaiknya peneliti harus melakukan pengecekan fungsi software tersebut sebelum menggunakannya lebih lanjut.

Pertama kita harus mengetahui dulu mekanisme apa saja yang akan terjadi dalam model yang akan kita buat. Misalnya yang akan terjadi adalah mekanisme kontak antara dua part, maka kita harus mencoba dulu mensimulasikan kontak dengan bentuk yang bisa dibuktikan secara teoritis. Kalau hasil dari simulasi sudah mendekati dengan teori berarti itu bisa kita gunakan dalam simulasi yang lebih kompleks nantinya.

Begitu juga misalnya, jika yang bakal terjadi dalam simulasi nantinya adalah beban tarik atau desak, maka buat dulu bentuk batangan sederhana dan tarik atau tekan dengan beban tertentu. Serta bandingkan hasil perhitungan manual dengan hasil software, cocok apa tidak.

Untuk simulasi kontak kita biasanya menggunakan teori kontak Herzt untuk melihat kemampuan software, dan untuk simulasi tarik dan tekan tentu dengan menggunakan hukum Hooke.

Yang paling penting dalam simulasi elemen hingga adalah kita harus yakin kalau hasil yang kita peroleh dari software adalah valid. Memang selisih dengan nilai aktual tetap ada, dan itu lumrah dalam dunia elemen hingga, namun harus dalam rentang yang bisa diterima. Biasanya jangan melenceng lebih dari 5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar